twitter
rss


Hay semua... kali ini aku mau posting tentang jenis-jenis puisi nih... semoga bermanfa'at yaah.. :)

Puisi adalah sebuah karya sastra yang merupakan luapan ungkapan hati sang pengarang baik itu sedih, gembira, bangga, marah, benci, simpatik, dan lain sebagainya di tuangkan dalam bentuk kata-kata yang indah. dan di tulis dalam bentuk bait.

* JENIS - JENIS PUISI *

1.   Puisi Epik.   Puisi epik yaitu puisi yang di dalamnya mengandung suatu cerita kepahlawanan, baik kepahlawanan yang berhubungan dengan legenda, kepercayaan, maupun sejarah.
2.  Puisi Naratif.   puisi naratif yaitu puisi yang di dalamnya mengandung suatu cerita, menjadi pelaku, perwatakan, setting, maupun rangkaian peristiwa tertentu yang menjalin suatu cerita. jenis puisi yang termasuk dalam  jenis naratif adalah balada, yang di bedakan menjadi "Folk ballad" dan "Literary ballad". ini adalah ragam puisi yang berkisah tentang kehidupan manusia dengan segala macam sifat pengasihnya, kecemburuan, kedengkian, kepedihan, ketekutan dan keriangannya.
3.  Puisi Lirik.  puisi lirik yaitu puisi yang berisi luapan batin individual dengan segala macam endapan pengalaman, sikap, maupun suasana batin yang melingkupinya.
4.  Puisi Dramatik.  puisi dramatik yaitu salah satu jenis puisi yang secara objektif menggambarkan perilaku seseorang, baik lewat lakuan, dialog, maupun monologsehingga mengandung suatu gambaran kisah tertentu.
5.  Puisi Didaktik.  yaitu puisi yang mengandung nilai-nilai pendidikan yang umumnya di tampilkan secara eksposit.
6.  Puisi Satirik.  yaitu puisi yang mengandung sebuah sindiran atau kritik tentang kepincangan atau ketidakberesan kehidupan suatu kelompok atau masyarakat.
7.  Romance.  yaitu puisi yang berisi luapan rasa cinta seseorang terhadap seorang kekasih.
8.  Elegi.  yaitu puisi ratapan yang mengungkapkan rasa pedih dan kedudukan seseorang.
9.  Ode. yaitu puisi yang berisi pujian terhadap yang memiliki jasa ataupun sikap kepahlawanan.
10.           Hymne. yaitu puisi yang berisi pujian kepada tuhan maupun ungkapan rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air.  

sekian... mohon ma'af yah bila ada yang salah.. hehe.. maklum masih belajar..

terimakasih! :) 

0 komentar:

Posting Komentar